Inovasi Teknologi Listrik yang Dibutuhkan Saat Ini

inovasi teknologi listrik

Berbicara tentang inovasi teknologi listrik, pastinya akan berhubungan dengan orang-orang yang ahli dalam bidangnya. Mulai dari mahasiswa teknik hingga instalator listrik yang sudah memiliki banyak pengalaman. Pengetahuan yang mumpuni tentunya menunjang setiap proyek yang dikerjakan. Entah itu dari segi desain atau pemeliharaan peralatan listrik, semuanya harus dikerjakan sesuai dengan perencanaan. Nah, di era modern ini, inovasi apa yang perlu untuk dimanfaatkan? Masih banyak orang yang kurang sadar dengan inovasi di bidang kelistrikan padahal dapat membantu kehidupan sehari-hari seperti dibawah ini.

Sistem Kontrol Lalu Lintas

Kemacetan masih menjadi fokus bagi banyak negara terutama negara berkembang. Sangat dibutuhkan suatu inovasi teknolohi listrik yang dapat mengatasi permasalahan ini. Sistem kontrol lalu lintas menjadi salah satu ide yang bisa dibuat. Cara ini dapat meminimalkan kemacetan lalu lintas dengan menggunakan PLC (Programmable Logic Controllers) dan SCADA HMI. Namun tentunya anda perlu merancang sistem mulai dari mengumpulaj data lalu lintas tentang persimpangan, area yang sering macet, dan lainnya. Setelah itu, analisis data perlu untuk dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui  bagaimana mengolah data yang sudah ada. Apabila langkah ini sudah dilakukan, kemudian dilakukan sinkronisasi arus listrik dengan mengontrol lampu lalu lintas dari jarak jauh. Dengan adanya inovasi ini, kita dapat mencegah kecelakaan dan lebih menghemat waktu saat di jalan.

Pendeteksi  Kebocoran LPG dengan Biaya Rendah

Selain masalah jalanan yang macet, kebocoran gas LPG juga menjadi permasalahan yang mengerikan. Bagaimana tidak, akibat dari timbulnya kebocoran gas dapat membakar seluruh bangunan. Inovasi teknologi listrik yang tepat untuk mencegah terjadinya kebocoran adalah detektor atau sebuah pendeteksi. Saat ini sudah tersedia sirkuit untuk detektor kebocoran yang tersedia di pasaran. Namun untuk harganya masih tergolong masih sangat mahal. Selain itu, umumnya hanya berbasis mikrokontroler (MCU). Proyek ini menghadirkan detektor LPG berbiaya rendah yang dapat Anda bangun sirkuit dengan mudah. Para teknisi dapat membuat detektor yang lebih murah dengan rangkaian IC komparator ganda LM393 (IC2). Ini digunakan untuk membandingkan dua tegangan yang berbeda, dalam hal ini tegangan keluaran sensor gas MQ-6 dan tegangan referensi.

Pembangkit Listrik Tenaga Surya

Untuk inovasi listrik yang ketiga ini mungkin lebih familiar saat ini. Penggunaan tenaga surya sangatlah berkembang pesat, namun sayangnya masih banyak ruang untuk perbaikan. Masih ada salah satu faktor pembatasnya yaitu perlunya panel bergerak bersama matahari. Jadi, kita masih perlu untuk  mengoptimalkan keluaran daya dengan panel yang lebih sedikit. Merancang sistem MPPT (Pelacakan Titik Daya Maksimum) menjadi cara yang tepat untuk menentukan titik pembangkit daya maksimum. Pengoptimalkan sistem ini dapat dilakukan oleh para teknis listrik dari perusahaan instalasi tenaga surya seperti solar power Malang. Merancang algoritme dapat dilakukan dengan tujuan mengontrol konverter DC untuk mengelola tegangan keluaran. Meminimalkan biaya sistem fotovoltaik menjadi fokus utamanya.

Sensor Kebakaran Berbasis Dioda PIN

Sensor yang sangat sensitif untuk menghidupkan alarm untuk mendeteksi kebakaran juga sangat bermanfaat. Penggunaan dioda PIN sensitif sebagai sensor api dapat mendeteksi kebakaran jarak jauh. Alat ini umumnya mendeteksi cahaya tampak dan inframerah (IR) dalam kisaran 430 nm – 1100 nm.

Cahaya tampak dan IR dari api mengaktifkan sensor untuk memicu alarm. Ini juga mendeteksi percikan api di kabel listrik dan jika ini terus berlanjut, itu memberi peringatan alarm. Anoda dapat dengan mudah diidentifikasi dari permukaan datar fotodioda tampilan atas. Titik solder kecil di mana kabel tipis dihubungkan adalah anoda dan yang lainnya adalah terminal katoda.