Makanan Khas Daerah Semarang yang Sayang untuk Dilewatkan

makanan khas daerah

Jika sedang berwisata ke Jawa Tengah tanpa mengunjungi kota Semarang akan terasa kurang. Pasalnya tak hanya tempat wisatanya yang sangat beragam. Anda juga bisa menyantap makanan khas daerah ini lho. Banyak sekali pilihan menu-menu yang kental akan rasa yang khas mulai dari olahan ayam, ikan, hingga daging. Harga yang ditawarkan juga bermacam-macam mulai dari yang ekonomis hingga mahal. Semua nya tinggal pilih deh sesuai dengan selera masing-masing. Jangan sampai kelewatan mencoba beberapa menu dibawah ini ya.

Babat Gongso

Babat gongso adalah pilihan pertama untuk makanan khas daerah Semarang. Menu ini sangat cocok bagi yang menyukai jeroan sapi. Di Indonesia sendiri, kita sudah familiar dengan menu seperti nasi goreng babat. Nah, bagaimana dengan babat gongso? Jika anda belum pernah mencobanya, makanan ini diolah menggunakan teknik khusus supaya tidak berbau prengus. Jika sedang berada di kota ini, anda bisa mampir di satu tempat ternama yang sudah legendaris untuk menu ini. Yup, Warung Pak Sukarmin menjadi jujgan yang diburu oleh para wisatawan. Kelegendarisannya sudah sejak tahun 1971 lho, jadi tak usah diragukan lagi untuk keautentikan rasa nya.

Bandeng Presto

Bandeng dengan tulang yang sangat lunak atau disebut dengan bandeng presto juga menjadi daya tarik kuliner di Semarang lho. Karena melalu proses penguapan, ikan bandeng benar-benar lembut ketika dimakan. Rasa nya yang khas juga membuat makanan khas daerah ini bisa dinikmati dengan nasi hangat. Lebih nikmat lagi jika ditambah lalapan atau sambal pedas. Dijamin yahud banget deh. Tak hanya sebagai santapan ketika sedang berwisata, makanan ini juga bisa anda pulang sebagai oleh-oleh. Lumayan tahan lama lho bandeng presto ini untuk dijadikan oleh-oleh.

Olahan Burung Belibis

Olahan ayam atau bebek sudah sangat mainstream. Di Semarang ada menu unik yang jarang ditemukan ditempat lain lho yaitu oalahan burung belibis. Jarang kan kita mengkonsumsi makanan yang berbahan dasar burung belibis? Ada pun juga sangat minim pilihannya. Nah di Semarang, anda bisa menyantap aneka olahan burung lho. Warung Pak No adalah jujugan kedua bagi yang sedang berwisata ke kota ini. Anda bisa memesan burung belibis yang teksturnya tak jauh berbeda dari ayam goreng. Namun burung belibis ini dimasak dalam waktu yang lama. Jadi sudah dipastikan bahwa dagingnya sangat empuk. Untuk rasa nya, anda bisa menentukan sendiri lho mana yang sesuai dengan selera anda.

Nasi Pindang

Kuliner nusantara memang tidak dipisahkan dari nasi. Sangat banyak makanan yang tak enak jika tak disantap dengan nasi putih hangat. Nasi pindang menjadi pilihan selanjutnya untuk makanan khas daerah semarang. Ini bukan jenis ikan ya melainkan olahan daging sapi yang berpadu dengan kuah rempah yang unik yaitu daun melinjo dan kluwek. Dari bahannya saja sudah bisa dilihat betapa uniknya makanan ini, Meskipun warna nya terlihat seperti rawon, namun rasa yang dihasilkan segar lho. Warung Pak Ndut adalah destinasi wisata kuliner untuk makanan ini. Tempat ini juga termasuk legendaris lho karena sudah ada semenjak tahun 1973. Jadi, resep yang digunakan adalah turun menurun. Meskipun sudah melewati beberapa generasi, tempat ini masih menjaga rasa asli dari sejak awal berdiri.

Nasi Gandul

Meskipun nasi gandul berasal dari Pati, namun karena rasa nya yang khas membuat makanan ini menyebar di daerah lain termasuk Semarang. Dari tampilannya, nasi gandul ini seperti nasi yang diberi dengan kuah. Rasa yang dihasilkan lebih mengarah ke arah manis. Yup, seperti yang kita ketahui, Jawa Tengah terkenal akan cita rasa kuliner yang manis. Jika anda menyukai rasa manis, nasi gandul ini cocok untuk dinikmati. Ada banyak pilihan lauk pelengkapnya lho seperti paru, hati, dan babat. Jika bingung harus kemana, Nasi Gandul Pak Memed adalah salah satu jujugan. Cobalah cita rasa kuah manis dengan aneka lauk yang berupa jerohan sapi.

Mie Kopyok

Dari makanan khas semarang yang diolah dari daging dan jeroan, ada juga pilihan yang lebih ringan yaitu mie kopyok. Dari nama nya mungkin terdengar seperti mie kocok. Sekilas memang tak jauh beda dari mie kocok Bandung. Tanpa mengguanakan daging adalah sebagai pembeda nya. Selain itu, mie kopyok ini diracik menggunakan rempah-rempah. Jadi kuah kaldu nya terasa sangat khas akan rempah nya. Untuk isian nya sangat bervariasi mulai dari irisan tahu, tauge, lontong, daun seledri, hingga kerupuk gendar. Bagi yang suka dengan makanan tanpa menggunakan daging, mie kopyok ini sangat pas untuk dikonsumsi. Tak hanya menggoyang lidah saja tetapi sehat untuk tubuh.

Lumpia Semarang

Siapa yang tak tau dengan kepopuleran lumpia Semarang? Jajanan yang satu ini perpaduan antara cita rasa jawa dan tionghoa. Kita sering menemukan makanan khas daerah ini di resto jawa atau resto Chinese food. Meskipun terbuat dari adonan tepung dengan isian sayur dan daging, namun lumpia sangat nikmat. Makan satu lumpia saja akan terasa kurang deh, apalagi jika sudah dipadukan dengan daun bawang dan saus khas nya. Jajanan yang satu ini juga sangat cocok untuk dijadikan sebagai cindera mata. Jangan sampai lupa untuk mampir membeli lumpia Semarang ya. 1 kardus bakalan kurang deh pokoknya.

Pisang Plenet

Masih dengan jajanan, ada pisang pelenet yang juga menjadi kuliner andalan kota Semarang. Meskipun nama nya tak seterkenal lumpia, namun cita rasa dari pisang planet ini jempolan lho. Dari namanya, mungkin anda sudah bisa menyimpulkan makanan apakah ini. Pisang plenet atau pisang yang di plenet atau ditekan ini berbentuk pipih. Proses membuat nya dimulai dari membakar pisang kapok hingga matang. Setelah ditiriskan, pipihan pisang tersebut diolesi dengan margarin dan tambajan lainnya seperti gula bubuk dan selai rasa. Masih ada proses selanjutnya yaitu membentuk pisang planet seperti roti tawar dengan menutupnya menggunakan pisang lainnya.

Tahu Pong

Tahu dengan isian kopong atau tahu pong juga bisa dijadikan camilan ketika sedang berada di Semarang. Bentuknya yang bulat dan tidak terlalu besar menjadikan makanan ini nikmat untuk kudapan. Rasa nya tak kalah nikmatnya dari tahu bulat yang digoreng dadakan lho. Biasanya tahu pong ini dinikmati bersamaan dengan cabe rawit. Empuk, gurih, dan pedas adalah rasa yang membuat siapa saja yang memakannya menjadi ketagihan. Bisa dijadikan oleh-oleh juga untuk keluarga tercinta di rumah.

Dari beberapa pilihan makanan khas daerah Semarang di atas, bisa disimpulkan betapa menariknya kuliner di kota ini. Mulai dari makanan ringan hingga makanan berat yang mengandung jerohan sapi, semua nya bisa kita temukan. Jangan melewatkan aneka kuliner ini ya ketika berwisata di Semarang. Siapkan budget yang banyak untuk mencoba makanan khas nya satu per satu. Selamat mencoba!